Sabtu, 12 Februari 2011

Atasi BW Broadcast TX5 PLL comm error

Diantara 3 bw tx 5 yang saya perbaiki, yang satu ini di bilang paling badungil alias bandel, selain kerusakan di bagian pll. bagian audio dan driver penguat rf juga bermasalah, berikut cara mengatasinya.


periksa tegangan pada bagian PLL seperti ditunjukan pada gambar dibawah ini


kasus yang saya jumpai tegangan 5 v pada bagian pll rendah yaitu terukur di volt meter 1 v ini terjadi akibat jalur + 5 v tidak terhubung dengan baik sedang ic 7805 normal tegangan yg keluar dari ic 5v, ternyata jalur antara ic dan elco tidak terhubung dgn baik, solusi solder ulang, ketika dicoba pll bekerja status display tidak lagi error yaitu normal, ketika saya menaikan daya rf, tidak berpengaruh artinya tidak ada penguatan rf, termonitor hanya osilator yang bekerja, langsung ke tujuan saya ganti tr 2n 4427 dengan tr c 2053, dan dicoba hasilnya normal tanpa modulasi,







ketika dites dengan modulasi ternyata modulasi tidak keluar alias bisu, penyebabnya adalah rangkayan filter 15 khz bermasalah.




solusi yang cepat, lepas rangkayan filter 15 khz jumper dengan kabel, masalah selesai bw tx-5 bisa bernyanyi dan mengudara berikut videonya.

0 komentar:

Posting Komentar